Pengembangan Modul Hastha Laku

Gambar

Gambar Dalam rangka melaksanakan misi serta maksud dan tujuan perkumpulan Solo Bersimfoni yaitu (1) Membangun ketahanan dan kohesi sosial masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi tindakan kekerasan dan radikal khususnya di kalangan remaja dan anak anak ; dan (2) Mencetak relawan kesalahen sosial yang mandiri dan bersinergi untuk mendorong perilaku toleran dan anti kekerasan, maka Solo Bersimfoni melaksanakan program dengan strategi Cultural & Behavior Approach Activity dimulai dengan penyusunan Modul Pelatihan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Modul Pelatihan disusun dengan menggali berbagai informasi yang menyangkut perilaku menyimpang di remaja dan anak-anak yang menimbulkan resistensi konflik dan kekerasan, baik kekerasan secara simbolik maupun kekerasan fisik yang terjadi di lingkungan sekolah dan kehidupan bermasyarakat. Selaku informan dan nara sumber adalah para guru / pengajar, pengurus OSIS, orang tua siswa, tokoh organisasi kepemudaan, organisasi wanita, budayawan, para pakar pendidikan dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Penyusunan Modul Solo Bersimfoni bekerjasama dengan Pustapako UNS dengan menghasilkan Modul Hastha Laku. Hastha Laku adalah 8 (hastha) laku (Perilaku) budaya jawa terpilih yang kemudian akan diturunkan menjadi RPP tematik berdasarkan atas kejadian yang berkembang di lingkungan tertentu untuk menjadi instrumen pembelajaran selanjutnya ke kelompok / instansi target.

Dengan tersusunnya Modul Pelatihan Hastha Laku dan RPP tematik ini, kami berharap dapat menjadi instrumen penting bagi para pengajar / relawan solo bersimfoni untuk memberikan pembelajaran ke kelompok/instansi target dalam hal ini kalangan remaja dan anak-anak khususnya di instansi sekolah SMA / SMK di Soloraya. Modul dan RPP akan terus dikembangkan sehingga memiliki adaptasi dan implementasi untuk dilakukan pembelajaran di tingkat SMP dan SD serta masyarakat luas.

Kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Penyusun Modul, juga tim Pustapako UNS dan para pihak yang telah berkontribusi secara aktif dalam penyusunan Modul Hastha Laku. Secara khusus kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Khresna Bayu Sangka, SE, MM, PhD., yang telah memimpin tim secara baik.

Kami menyadari bahwa modul Hastha Laku ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mohon maaf, sekaligus mohon dapat diberikan masukan dan saran yang membangun.

Surakarta, Agustus 2018
Perkumpulan Solo Bersimfoni

 

M. Farid Sunarto
Ketua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *