Menyebar Pesan Damai Lewat Seni Tradisional

Ketoprak 1

Ketoprak

Yuk, Ramaikan Pentas Ketoprak Kolosal Solo Bersimfoni!

Surakarta, Solobersimfoni.org – Berkolaborasi dengan Ketoprak Kampung Balekambang Surakarta dan Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta, Solo Bersimfoni akan menyelenggarakan pergelaran Ketoprak Kolosal dengan lakon “Cempoko Mulyo” pada Sabtu, 24 November 2018 mulai pukul 18.00 di halaman RRI Surakarta.

Sebagian pemain dalam pementasan ketoprak ini adalah para Sahabat Simfoni dan didedikasikan untuk merawat budaya damai dan toleran pada generasi muda di Solo. Menggenapkan niat itu, Solo Bersimfoni mengundang 165 siswa-siswi sekolah menengah di Solo untuk turut hadir.

Memeriahkan pementasan ketoprak, turut digelar Festival Wedangan yang diikuti oleh delapan warung wedangan, masing-masing mengusung tema Hastha Laku. Mereka akan menyajikan wedang dan jajanan khas Solo secara cuma-cuma bagi seluruh tamu yang hadir.

Solo Bersimfoni berharap kegiatan ini dapat menginspirasi remaja untuk memahami budaya damai dan toleran di lingkungan mereka, sehingga timbul kesadaran untuk menjaga dan turut menyebarkan perilaku positif, terutama perilaku berbasis budaya Jawa yang tersebut dalam Hastha Laku: Tepa Slira (tenggang rasa), Lembah Manah (rendah hati), Andhap Ashor (berbudi luhur), Grapyak Semanak (ramah tamah), Gotong Royong (saling membantu), Guyub Rukun (kerukunan), Ewuh pekewuh (saling menghormati), dan Pangerten (saling menghargai).

Acara yang bisa dinikmati masyarakat umum ini menyediakan 1000 TIKET GRATIS yang bisa didapatkan di tautan loket.com/event/ketoprak-kolosal-dan-festival-wedangan-gratis-bys dan diambil langsung di Kantor Solo Bersimfoni, Kantor Kadin Surakarta, dan Kantor RRI Surakarta. Bagi yang tidak bisa hadir, pementasan ketoprak bisa didengarkan langsung dari RRI Pro 1 (101 MHz FM)/ Pro 2 (972 KHz AM).

Solo Bersimfoni merupakan perkumpulan sosial kemanusiaan yang didirikan oleh para tokoh muda Solo dengan tujuan merawat budaya damai dan mendorong perilaku toleransi di kalangan remaja. Dalam hal ini Solo Bersimfoni menggunakan pendekatan budaya dengan mengedepankan nilai-nilai luhur dalam budaya masyarakat Jawa. Solo Bersimfoni tidak berafiliasi kepada partai politik atau kelompok tertentu.

Ayo segera daftarkan diri Anda atau datang ke tempat-tempat yang disebutkan di atas untuk pengambilan tiket.

 

Untuk informasi lebih lanjut mohon menghubungi 0857-2865-5245 (Insani).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *