Pesan Toleransi Untuk Milenial

Solobersimfoni.org, Surakarta,- Menyambut perkembangan teknologi yang sangat pesat Solo Bersimfoni Bekerjasama dengan Center for the Study of Islam and Social Transformation (Cisform) mengadakan pemutaran dan diskusi Film bertemakan “Toleransi”.

Acara yang bertujuan untuk mengkampanyekan toleransi dalam dunia digital dikalangan remaja ini dilaksanakan dengan memutar beberapa film animasi singkat berdurasi 1,5 – 4 menit yang diproduksi oleh Cisform. Film animasi religi ini merupakan komitmen CISForm untuk mengantisipasi penyebaran narasi Islamisme dan radikalisme (counter violent extremism) di Indonesia. Acara ini merupakan bentuk kerja sama antara CISForm UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara dibuka oleh Ketua Solo Bersimfoni M. Farid Sunarto yang didampingi oleh Ketua Bidang Kepemudaan Dinas Pendidikan dan Olahraga Surakarta Bapak Kelik Isnawan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VII bapak Joko Agus Pambudi. Peserta dari acara ini adalah siswa dari SMA dan SMK yang berada di Surakarta dan Sahabat Simfoni. Selain peserta kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Cisform Dr. Muhammad Wildan sebagai pembahas film.

Bapak Kelik menyampaikan bahwa selama berdirinya Solo Bersimfoni telah banyak menginspirasin apa yang dilakukan oleh Dikpora untuk mengkampanyekan juga apa yang disebut Kesalehan Sosial. Menurutnya di era sekarang yang penting bukan hanya Kesalehan Individu, namun juga Kesalehan Sosial dan Kesalehan Kebangsaan.

Kegiatan berlangsung dengan meriah setelah seluruh film disaksikan acara dilanjut dengan pembahasan nilai-nilai yang terkandung di dalam film yang mengandung nilai-nilai toleransi. Banyak peserta yang ikut menyampaikan kegelisahannya terhadap perilaku bertoleransi yang mulai berkurang di lingkungan sekolah dan berharap acara-acara seperti ini bisa konsisten dilakukan untuk menjaga sikap toleransi di masyarakat yang menjadi jati diri bangsa yang Bhineka Tunggal Ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *