Hastha Laku dalam Video Teaser

Dihadiri lebih dari 200 peserta dari siswa SMA dan SMK yang ada di Surakarta pertanda acara Deseminasi video teaser bertemakan toleransi  diapresiasi dengan baik oleh warga Kota Solo. Selasa (29/1/2019) Perkumpulan Solo Bersimfoni menyelenggarakan kegiatan deseminasi video teaser bertemakan Toleransi.

Acara yang ditargetkan untuk siswa SMA dan SMK ini bertujuan untuk menyebarkan pesan damai dan toleransi ini merupakan salah satu kegiatan dalam mewujudkan misi Solo Bersimfoni yaitu menjaga Kota Solo agar tetap menjadi kota yang ramah, toleran, dan damai.

Video teaser yang di deseminasikan dalam kegiatan ini juga merupakan hasil karya dari beberapa SMA dan SMK di Solo. Solo bersimfoni ingin agar penanaman nilai damai dan toleransi ini berasal dari partisipasi orang yang seusia agar tidak salah sasaran. Dari lima video yang di produksi ada empat sekolah yang berpartisipasi dalam pembuatannya yaitu  SMA 1, SMK , SMK 5, dan SMK 6 Surakarta.

Dalam video teaser karya siswa SMA ini juga turut diperkenalkan Hastha Laku yang menjadi alat bagi Solo Bersimfoni dalam mencapai tujuannya. Beberapa orang yang sudah pernah mengikuti kegiatan Solo BErsimfoni pasti telah mengenal apa yang disebut Hastha Laku Delapan perilaku yang ada dalam hastha laku adalah Guyub Rukun (Kerukunan), Gotong Royong, Tepa Selira (Tenggang Rasa), Ewuh Pekewuh (Saling Menghormati), Pangerten (Saling Menghargai), Grapyak Semanak (Ramah Tamah), Lembah Manah (Rendah Hati), dan Andhap Ansor (Berbudi Luhur). Hastha laku merupakan serapan nilai-nilai budi luhur yang berkembang dalam masyarakat jawa yang ingin dikampanyekan kembali untuk mendorong perilku toleran dan anti kekerasan ini berkaitan erat terhadap nilai-nilai yang bersifat harmonis.

Acara ini bertujuan sebagai sarana sosialisasi perilaku damai dan toleransi dengan penerapan Hastha Laku lewat video teaser karya siswa sekolah. Acara dihadiri oleh Dr. H. Achmad Purnomo, Apt. Wakil Walikota Surakarta, Drs Tamso, MM – Kepala Kesbangpol Surakarta, Drs Edy Pudyanto, M.Pd – pelaksana tugas Cabang Dinas Wilayah 7 Dinas Pendidikan provinsi Jateng, Budi Prasetyo, Wawanto, SH – Perwakilan DPRD Kota Surakarta, S.S.Putra, SH, MH – perwakilan Komisi II DPRD Kota Surakarta dan Budi Purwanto – PMI Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *