Close

August 4, 2021

LAUNCHING ONLINE IMPLEMENTASI MODEL SEKOLAH ADIPANGASTUTI TAHUN 2021

Jumat, 30 Juli 2021 Solo Bersimfoni melaksanakan kegiatan Launching Online Implementasi Model Sekolah Adipangastuti Tahap III Tahun 2021. Acara ini  dilaksanakan selama satu jam, mulai pukul 13.00-14.00 WIB melalui Zoom Cloud Meeting. Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Bapak Eris Yunianto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jateng, Bapak Nasikin, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng, Bapak Sunarno dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jateng, Bapak Suratno, Perwakilan Komisi E DPRD Jawa Tengah, Muhammad Zein, Tim Ahli DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bapak Huntal Hutapea, Kepala Kesbangpol Kota Surakarta, Bapak Indradi, Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan BAPPPEDA Kota Surakarta, Ibu Sumilir Wijayanti serta sekolah adipangastuti tahap pertama, kedua dan ketiga.

Model Sekolah Adipangastuti adalah sekolah toleransi berbasis budaya yang sudah diterapkan selama dua tahap yaitu tahun 2019 dan tahun 2020. Pada tahun 2019, ada dua sekolah pilot project implementasi yaitu SMAN 1 Surakarta dan SMAN 6 Surakarta. Yang kemudian pada tahun 2020 dikembangkan ke lima sekolah dengan lingkup Soloraya yaitu di SMAN 1 Surakarta, SMAN 6 Surakarta, SMAN 1 Kartasura Sukoharjo, SMAN 3 Sragen dan SMAN 1 Gemolong Sragen. Selanjutnya, pada tahun 2021 dilaksanakan tahap III implementasi model sekolah di SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali yang akan dijalankan selama 6 bulan sejak  Juli-Desember 2021. Program dan luaran pada masing-masing sekolah akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah.

Pada tahap III ini, Solo Bersimfoni bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah, Nasikin, S.Stp.,M.Kom. dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VI, Drs Sunarno, M.Pd. yang telah memberikan dukungan penuh dengan mengeluarkan surat rekomendasi untuk penerapan Sekolah Adipangastuti di masing-masing sekolah naungannya.

Model Sekolah Adipangastuti berisi mengenai program progam untuk mengajarkan pendidikan karakter hasthalaku dengan target ada tiga, yaitu Literasi dan Digitalisasi dengan cara budaya literasi tema hasthalaku dikemas sedemikian rupa agar remaja milenial sekolah SMA/SMK model adipangastuti tertarik untuk membangun tema-tema kebaikan yang dapat didistribusikan secara digital, misalnya video, film, blog, content creator, novel, komik dan sebagainya. Yang kedua adalah branding sekolah dengan nilai hasthalaku. Kegiatan branding hasthalaku di sekolah diharapkan menghasilkan tampilan fisik sekolah yang mengkampanyekan nilai-nilai hasthalaku. Berupa poster, leaflet, mading, hiasan sekolah, tagline, dan sebagainya. Kemudian adalah peningkatan kapasitas media sosial sekolah. Penguatan platform digital seperti Website sekolah, pengelolaan sosial media sekolah seperti Youtube, FB, IG, Twitter, dan sebagainya.

            Acara ini dimulai dengan laporan kegiatan oleh M. Farid Sunarto selaku Ketua Solo Bersimfoni yang kemudian sambutan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, VI dan VII Provinsi Jawa Tengah dan diakhiri dengan pembukaan Program Sekolah Adipangastuti Tahap III Tahun 2021 oleh Bapak Eris Yunianto. Beliau mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi Solo Bersimfoni yang telah tergerak dan bergerak dalam membumikan nilai-nilai kearifan lokal hasthalaku kepada pelajar SMA di wilayah Soloraya berbasis teknologi informasi”.

Tujuan Kegiatan Launching Online Implementasi Model Sekolah Adipangstuti Tahun 2021 ini sebagai kick off dilaksanakannya implementasi Sekolah Adipangastuti Tahap III di SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali, yang telah berkomitmen dengan adanya persetujuan MoU yang telah disepakati bersama antara Solo Bersimfoni dan masing-masing sekolah. Yang mana mereka akan kreatif dan inovatif berkomitmen mengembangkan nilai-nilai budaya lokal Hasthalaku selama enam bulan. Yang terakhir untuk mendorong  penerapan nilai-nilai budaya lokal hasthalaku sebagai upaya pembangunan toleransi, perdamaian dan keberagaman.

 

Penulis: Tia Brizantiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *