Close

August 22, 2018

Training of Trainers

Solo Bersimfoni mencetak relawan kesalehan sosial yang bersinergi untuk mendorong perilaku yang toleran di masyarakat.

Training of Trainer (TOT) untuk mencetak relawan kesalehan sosial yang mandiri dan bersinergi untuk mendorong perilaku yang toleran dan anti kekerasan di kalangan remaja dan anak anak. ToT diikuti oleh perwakilan organisasi kepemudaan, pelajar, pengajar, mahasiswa dan tokoh masyarkat. Kegiatan ini diimplementasikan dengan aktivitas-aktivitas yang mencerminkan nilai Hasta Laku Solo. Sistematika ToT tahun 2018 dilaksanakan 4x dimana tiap ToT diikuti 30 peserta. Segemen ToT angkatan 1  pada pemuda dan pelajar; ToT angkatan 2 pada pendidik, TNI dan POLRI; ToT angkatan 3 pada tokoh agama dan masyarakat; dan ToT angkatan 4  diikuti perwakilan potensial tiap angkatan untuk pengembangan modul.

Training of Trainers (ToT) menghasilkan relawan kesalahen sosial Solo Bersimfoni yang mandiri dan bersinergi untuk mendorong perilaku toleran dan anti kekerasan. Mereka para relawan telah dibekali kompetensi meliputi : (1) Kesadaran mendalam setiap relawan tentang pentingnya tindakan prefentif untuk mereduksi perilaku intoleran dan anti kekerasan di kalangan remaja dan anak-anak, (2) Kemampuan menguasai modul hastha laku dan penguasaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), serta (3) Menguasai strategi praktis komunikasi yang baik dan menarik.

Para relawan Solo Bersimfoni akan memberikan training / workshop praktis di sekolah SMA / SMK di wilayah Surakarta dengan target pengajaran tahun 2018 sejumlah 50 SMA / SMK.

Gambar ToT 1 Gamar Training of Trainers Angkatan 2 Gambar TOT 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *