Close

September 10, 2020

Keberagaman Adalah KehendakNya

Solo Bersimfoni

Negara harus hadir untuk memberikan rasa tenteram,

Negara harus hadir untuk membangun kerukunan,

Negara harus hadir untuk membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

(Ustad Dian Nafi – Pemimpin Ponpes Al Muayyad Surakarta)

Sudah sebulan yang lalu, tepatnya Sabtu tanggal 8 Agustus 2020, warga Solo merasakan keresahan akibat terjadinya tindakan intoleransi kepada salah satu warganya yang sedang melakukan hajatan. Pelaku dan rombongannya beranggapan bahwa empunya hajatan melakukan perbuatan yang dilarang agama dan tidak sesuai dengan ajaran agama, bahkan dianggap sesat.

Pemberitaan di media online Kumparan (08/08/2020) menjelaskan bahwa sekelompok massa mendatangi lokasi korban dan memaksa tuan rumah untuk membubarkan acara keluarga tersebut. Sejumlah mobil dirusak, tiga orang terluka akibat pukulan massa dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Miris, mereka melakukan penyerangan sembari meneriakkan takbir dan kalimat yang mengancam nyawa sesama dengan dalih agama. Ironisnya, kejadian ini tidak bisa dihentikan oleh pihak kepolisian. Keluarga yang melakukan hajatan midodareni pun harus membubarkan diri.

Multikulturalisme di Kota Solo dengan banyaknya suku dan ras yang tinggal di sana menjadikannya khas dan unik, namun masih sering dijumpai tindakan intoleransi seperti kejadian di atas. Peristiwa ini menambah catatan buruk tindakan intoleransi di Indonesia, khususnya Solo, karena tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan Hasthalaku.

Keberagaman Adalah Anugerah

Ustad Dian Nafi, pemimpin Ponpes Al Muayyad Surakarta sekaligus penggiat toleransi di Kota Solo beranggapan bahwa peristiwa itu merupakan tindakan intoleran, kekerasan dan penistaan kepada hak sesama warga negara. Baginya, kejadian tersebut merupakan tindakan yang tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup alias tindakan yang bodoh, oleh karenanya harus dihentikan.

Salah satu cara menjadi warga yang baik adalah taat kepada hukum dengan cara yang berkeluhuran dan berkeadilan. “Solo haruslah kita anggap sebagai anugerah Allah. Maka bersyukurlah kita menjadi bagian dari kota Solo, berterima kasihlah kepada Allah dan juga kepada para pendahulu yang memperjuangkan Kota Solo Ini menjadi kota yang baik kita tinggali,” ujar Ustad Dian.

Kepala Kesbangpol Solo, Indradi, mengatakan bahwa kejadian tersebut tidak seharusnya terjadi.  “Masyarakat diharapkan mengecek dahulu kebenaran sebuah cerita yang beredar dan memicu keresahan. Sehingga bila ada perbedaan pendapat dan pandangan dapat diselesaikan dengan cara yang baik dan bijak, dengan mengedepankan musyawarah mufakat dan menghargai hukum yang berlaku.” Beliau juga berharap seluruh pihak bersama dengan pemerintah untuk selalu menjaga kondisi damai di wilayah Kota Solo.

Ustad Dian berpesan agar kita semua dapat bersyukur, “Kita berharap anak muda dan masyarakat Solo tidak mudah terpancing emosi dan terutama dapat menjadi penerus yang baik dan menyebarkan kebaikan di masyarakat.”

Kebersamaan dalam Keberagaman

Ustad Dian juga menambahkan bahwa kita semua harus belajar mengenai keberagaman, “Kita sering menganggap sesuatu ada sebagaimana ia ada dan tidak menjadikannya menjadi bahan pelajaran. Apa saja yang ada dan berbeda perlu untuk kita pelajari.” Beliau juga mengatakan tentang pentingnya silaturahmi, saling belajar saling mengetahui, yang bertujuan membangun pemahaman dalam keberagaman.

Masyarakat Kota Solo diharapkan untuk membiasakan diri berpikir jernih, selalu menggunakan akal dan nurani dalam bertindak. Apalagi sebagai warga masyarakat yang sama-sama memiliki hak untuk hidup secara damai dan rukun di Kota Surakarta seharusnya saling menjaga tepa selira. Jangan sampai tindakan intoleransi yang terjadi menjadikan warganya tidak krasan tinggal di Solo karena dirasa tidak bisa mengembangkan diri serta menggali sumber daya untuk kesejahteraan bagi diri sendiri dan sekitar.

Keberagaman adalah kehendak-Nya. Tidak dapat kita pungkiri adanya fakta bahwa keberagaman adalah nyata dan merupakan bagian dari takdir-Nya. Sebagai manusia yang baik dan berakal budi, tentu sebaiknya kita dapat menerima perbedaan dengan lapang dada. Menghormati perbedaan dengan bersikap hasthalaku yaitu pangerten dan tepa selira menjadikan guyub rukun terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Kebersamaan dalam persamaan merupakan hal yang biasa, sebaliknya kebersamaan dalam keberagaman merupakan hal yang perlu kita pupuk bersama-sama.

Melihat fakta di atas, Solo Bersimfoni tentu saja mengecam segala tindakan intoleransi yang terjadi khususnya di Kota Solo. Sebagai organisasi yang bergerak dalam isu toleransi, rasanya sangat menyesakkan ketika mendengar salah satu warga Kota Solo mengalami tindakan intoleransi. Kami akan terus mendukung pihak kepolisian dalam mengusut dan menghukum para pelaku sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku di Negara Indonesia.

Kami juga meminta pemerintah daerah di Soloraya untuk memberikan jaminan perlindungan kepada masyarakat minoritas agar dapat berkegiatan dengan aman dan damai serta mengajak tokoh pemuda, organisasi masyarakat sipil, dan tokoh lintas agama di Soloraya untuk saling berpegangan tangan dalam menjaga dan menggaungkan toleransi di Soloraya agar keharmonisan dalam keberagaman selalu terjaga dan tidak ada peristiwa seperti ini lagi.

Marilah kita bersama-sama menyebarkan kebaikan dan mengedukasi diri sendiri serta lingkungan agar tidak mudah terpancing dengan berita atau informasi yang belum tentu benar dan jelas asal mulanya. Serta selalu menjaga silaturahmi agar Soloraya menjadi kota yang senantiasa aman dan damai.

 

Penulis : Tia Brizantiana

16 Comments on “Keberagaman Adalah KehendakNya

Avatar
john wick
December 15, 2020 at 2:10 am

Pretty! This was a really wonderful article. Many thanks for providing these details. Kassie Raimondo Annadiana

Reply
Avatar
sikis
December 17, 2020 at 3:03 pm

I really enjoy the article post. Much thanks again. Really Cool. Marlena Gerhard Rafaelle

Reply
Avatar
erotik
December 18, 2020 at 11:00 am

Asking questions are truly fastidious thing if you are not understanding anything entirely, however this post offers good understanding even. Cloris Minor Cynarra

Reply
Avatar
erotik
December 19, 2020 at 11:25 am

I cannot thank you enough for the article post. Much thanks again. Fantastic. Sonia Pryce Figge

Reply
Avatar
bedava
December 22, 2020 at 3:26 am

My brother suggested I would possibly like this web site. Cornie Nico Ellen

Reply
Avatar
bluray
December 23, 2020 at 10:13 am

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this post and the rest of the website is also really good. Lynda Anatol Barbabra

Reply
Avatar
download
January 22, 2021 at 6:04 am

Thank you for your blog post. Really looking forward to read more. Great. Danette Lazare Janie

Reply
Avatar
parasite
January 30, 2021 at 4:25 am

One of our guests recently encouraged the following website. Lanna Carly Elly

Reply
Avatar
filmkovasi
January 30, 2021 at 6:16 pm

Determining the best way to share your message means that you will have to make certain choices. Wynn Dewey Emeline

Reply
Avatar
movies
January 31, 2021 at 11:10 am

As an industry old-timer I can definitely say, that freight transportation can get frighteningly scary indeed! Tammara Waldemar Barcellona

Reply
Avatar
filmkovasi
January 31, 2021 at 9:48 pm

Excellent post! We will be linking to this great content on our site. Linnea Kellby Eddina

Reply
Avatar
123movies
February 1, 2021 at 7:22 am

I have been browsing on-line greater than three hours lately, yet I by no means found any attention-grabbing article like yours. It is beautiful worth enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made just right content as you probably did, the web will be much more helpful than ever before. Leena Waiter Alleen

Reply
Avatar
hindi movie
February 2, 2021 at 5:41 am

I believe that is one of the so much vital information for me. Conchita Samson Giavani

Reply
Avatar
Instagram Takipçi Satın Al
May 6, 2021 at 12:19 pm

I am grateful to you for this beautiful content. I have included the content in my favorites list and will always wait for your new blog posts.

Reply
Avatar
takipçi satın al
May 18, 2021 at 3:10 am

I loved the blog post! I will surely add it to my favorites and visit your post often!

Reply
Avatar
takipçi satın al
July 2, 2021 at 8:33 pm

Nice blog, nice articles! Add favorite thanks.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *